Program Bagi-Bagi Rice Cooker Habiskan Rp 300 Miliar, Siapa Yang Dapat

user
Tomi Sujatmiko 30 November 2022, 14:10 WIB
untitled

Siapa yang Dapat?

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah menyiapkan anggaran Rp 300 miliar untuk program pembagian rice cooker gratis. Namun, pelaksanaannya masih menunggu perizinan anggaran dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Rp 300 miliar pengadaannya, tapi sampai sekarang belum ada itu anggarannya, masih usulan dibahas di Komisi VII DPR," ujar Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana saat dijumpai di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Dadan mengatakan, target penerima rice cooker gratis ini merupakan masyarakat umum. Namun, ia belum menyebut total akan ada berapa penerima.

"Tergantung harga rice cooker-nya. Target penerimanya yang pasti masyarakat untuk rakyat. Kita nanti memastikan saja harga rice cooker-nya berapa tinggal dibagi dari anggaran tersebut," imbuhnya.

Sosok yang juga menjabat selaku Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM ini pun menambahkan, pemerintah tidak mengklasifikasi pemberian bantuan ini sesuai golongan pelanggan listrik.

Tapi, lebih kepada kemampuan daya beli masyarakat. Sehingga golongan menengah atas tidak mungkin mendapatkan bantuan rice cooker gratis.

"Siapa aja sebetulnya (bisa menerima), kan kalau rice cooker tidak terlalu tinggi listriknya. Jadi yang pasti masyarakat yang cocok lagi untuk menerima tersebut bukan orang kaya," kata Dadan. (*)

HALAMAN

Kredit

Bagikan