BNPB Buka Lowongan, Nih Syaratnya

user
Danar W 09 Desember 2022, 09:30 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB membuka seleksi terbuka anggota unsur pengarah penanggulangan bencana. Pendaftaran lowongan kerja ini bisa diikuti oleh masyarakat berusia mulai 45 sampai 65 tahun.

Adapun pendaftaran lowongan kerja 2022 ini bisa dilakukan secara online melalui link https://s.id/up-bnpb-2022. Bagi yang tertarik silakan mengirimkan berkas karena registrasi dibuka mulai 6 sampai dengan 12 Desember 2022 pukul 23.59 WIB.

Sementara itu, pendaftaran untuk menjadi bagian dari BNPB ini tentu perlu melewati beberapa seleksi. Salah satunya memenuhi persyaratan seperti yang telah ditentukan.

Mengutip surat Pengumuman Nomor : 35/BNPB/SD.05/12/2022 tentang Seleksi Terbuka Anggota Unsur Pengarah Penanggulangan Bencana Dari Masyarakat Profesional Pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2022, Kamis (8/12/2022), berikut ini persyaratan yang harus dipenuhi pelamar.

1. Warga Negara Indonesia

2. Sehat jasmani dan rohani

3. Berkelakuan baik

4. Usia serendah-rendahnya 45 tahun dan setinggi-tingginya 65 tahun saat mendaftar

5. Berpendidikan serendah-rendahnya Magister atau S2

6. Memiliki wawasan kebangsaan

7. Memiliki integritas tinggi

8. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris

9. Memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam penanggulangan bencana paling singkat 10 tahun

10. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukup tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih

11. Nonpartisipan partai politik

Selanjutnya, pelamar juga harus mengunggah beberapa dokumen yang dibutuhkan. Berikut ini dokumen persyaratan yang harus dipenuhi pelamar dan diunggah melalui laman https://s.id/up-bnpb-2022.

1. Pas foto terbaru;

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Paspor;

3. Surat lamaran yang ditulis tangan sendiri dan dibubuhi materai Rp. 10,000.-;

4. Formulir Pendaftaran Anggota Unsur Pengarah Penanggulangan Bencana dari Masyarakat Profesional (yang diunduh pada www.bnpb.go.id);

5. Formulir Daftar Riwayat Hidup disertai penhgalaman terkait penanggulangan bencana paling singkat 10 (sepuluh) tahun (yang diunduh pada www.bnpb.go.id);

6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru;

7. Ijazah yang dipersyaratkan;

8. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Rumah Sakit Pemerintah;

9. Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Psikotropika dari Rumah Sakit Pemerintah; (dilampirkan hasil Laboratorium);

10. Surat pernyataan nonpartisan partai politik (yang diunduh pada www.bnpb.go.id);

11. Sertifikat TOEFL dengan skor paling rendah 500 (lima ratus) atau Serifikat lainnya yang setara dari lembaga yang berwenang.

Sebagai informasi, pelamar nantinya akan menempuh empat tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi, pembuatan makalah dan wawancara oleh panitia seleksi, dan pengumuman hasil seleksi. Jadi, persiapkan diri sebaik mungkin agar bisa lolos dan bisa menjadi bagian dari BNPB.(*)

Kredit

Bagikan