Mahfud MD Paparkan PR Panglima Yudo: Mulai Teritori hingga Keutuhan Ideologi

user
Tomi Sujatmiko 20 Desember 2022, 12:24 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum,dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md mengatakan pekerjaan rumah (PR) Panglima TNI Laksamana Yudo Margono adalah menjaga kedaulatan berkaitan dengan teritori laut Indonesia dan keutuhan ideologi Pancasila.

"Kalau pandangan secara nasional, ya menjaga kedaulatan. Kedaulatan itu ada teritori. Kalau teritori mungkin masalah laut ya, di laut-laut Indonesia yang sering dilewati kapal-kapal yang melanggar lintas batas, melanggar hak berdaulat itu kadang kala ada seperti halnya negara-negara lain itu teritorinya," kata Mahfud.

Selain itu, dari sisi ideologi, Mahfud mengatakan TNI menjadi bagian dari pertahanan negara untuk menjaga keutuhan ideologi Pancasila dari ideologi lain, seperti separatisme dan radikalisme.

"Tentu saja itu bagian dari pertahanan negara. Keutuhan teritori, keutuhan ideologi; itu adalah tugas panglima dan nanti pencanangannya banyak di dalam tugas-tugas dan dalam sehari, dua hari ini kami akan koordinasi," jelasnya.

Resmi Dilantik

Presiden Joko Widodo resmi melantik Laksamana TNI Yudo Margono, Senin, sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan Yudo Margono dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 91 TNI tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia, yang ditetapkan di Jakarta pada 19 Desember 2022. (*)

Kredit

Bagikan