Pura-pura Sholat, Genthong Embat Barang Berharga Jemaah

user
Ary B Prass 21 Desember 2022, 16:27 WIB
untitled

 
KARANGANYAR - Jajaran Satreskrim Polres Karanganyar berhasil mengamankan salah satu pelaku aksi pencurian yang terjadi di Masjid Agung Madaniyah. Pelaku yang diamankan yakni RHW, alias Genthong, (39) warga Jombang, Jawa Timur. 
 
Kejadian ini diketahui setelah jajaran dari kepolisian mendapatkan laporan dari pengurus Masjid  Agung Madaniyah, yang sebelumnya juga merekam adegan pencurian yang dilakukan oleh pelaku pada Selasa malam (20/12/2022) dimana saat itu pelaku pura-pura ikut jemaah salat Isya.
 
Namun, setelah beberapa makmum menunaikan rekaat, pelaku justru melakukan aksi pencurian dengan mengambil salah satu tas yang saat itu diletakan samping pilar masjid. Aksi pencurian tersebut pun kemudian diketahui salah satu petugas keamanan yang saat itu berada di lantai dua, dengan cara merekam aksi pelaku.
 
"Dalam aksinya pelaku diketahui oleh salah satu petugas keamanan yang ada di atas lantai dua, setelah direkam. Pelaku yang saat itu mencoba untuk keluar dari masjid, berhasil diamankan oleh petugas masjid dan kemudian diamankan ke pos penjagaan, untuk selanjutnya dilaporkan ke polisi," terang Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo, melalui Ps Kasubsi Penmas Seksi Humas Polres Karanganyar, Bripka Sakti dalam laporan yang ia terima Rabu (21/12/2022) pagi. 
 
Diungkapkan Bripka Sakti, dalam aksi pencurian yang dilakukan oleh pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti yakni satu buah tas punggung warna hitam yang berisi laptop, dan satu buah tas selempang warna hitam berisi uang sebesar Rp 300.000. 
 
"Untuk mempertanggung jawabkan tindakan yang dilakukan, pelaku saat ini sudah diamankan di Mapolres Karanganyar, dan diancam dengan pasal 363 KUHP yakni tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman maksimal tujuh tahun," tegasnya.
 
Bripka Sakti juga mengimbau para jamaah agar parkir di tempat yang sudah di sediakan. Adapun barang bisa diawasi sendiri dengan baik, hindari membawa barang - barang berharga atau mewah saat berada di dalam masjid atau menjalankan salat. Jika terjadi kehilangan segera melaporkan ke pengurus atau penjaga masjid, agar bisa di cek langsung melalui CCTV dan menjadi bahan laporan ke Polres Karanganyar. (Lim)

Kredit

Bagikan