Daftar Negara dengan Perokok Terbesar di Dunia, RI Peringkat Berapa?

user
Tomi Sujatmiko 22 Januari 2023, 10:06 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Merokok merupakan hal lumrah di seluruh dunia, tak terkecuali orang tua. Bahkan remaja pun kini mulai ikutan-ikutan untuk merasakan yang namanya rokok tanpa pengawasan orang tua. Walapun, mereka sudah mengetahui efek buruk dari menghirup tembakau secara luas.

Kampanye anti-rokok pun mulai aktif diluncurkan di seluruh dunia untuk mengurangi jumlah perokok di masyarakat luar sana. Alhasil, sementara tingkat merokok secara keseluruhan menurun dalam 50 tahun terakhir ini.

Tindakan merokok ini sudah menjadi pokok dari banyak budaya di seluruh dunia selama berabad-abad. Dan ada beberapa negara yang masih memiliki jumlah perokok aktif relatif tinggi.

Bagaimana dengan Indonesia, posisi berapa?

Berikut ini daftar negara dengan perokok terbanyak di dunia, Liputan6.com rangkum dari World of Atlas, Sabtu (21/1/2023):

1. Nauru

Ini adalah suatu negara yang terletak di bagian pulau Mikro Samudra Pasifik.

Nauru memiliki tingkat merokok tertinggi di dunia, dengan rata-rata 52,10% populasinya adalah perokok.

Dengan populasi yang masyarakatnya hanya sedikit yaitu sekitar 10.000 orang, hal ini membuat jumlah perokok di negara tersebut cukup mencolok.

Jumlah penduduk Nauru adalah kedua yang terkecil di dunia setelah negara Vatikan.

Sementara itu, faktor utama yang mendorong masyarakat Nauru merokok adalah melihat warga sekitar yang selalu merokok sehingga memicu antara masyarakat melakukan hal yang sama.

Kebanyakan masyarakat Nauru merokok menggunakan pipa atau rokok modern. Anehnya, kebanyakan perokok di sana lebih banyak perempuan daripada pria seperti pada umumnya.

2. Kiribati

Negara kecil lainnya disematkan kepada Kribati, tepat di belakang Nauru dengan presentase perokok tertinggi di dunia sebesar 52%.

Negara mikro ini mencakup 32 atol pulau terpisah, dengan area seluas sekitar 811 kilometer persegi, dan merupakan rumah bagi 121.383 populasi.

Presentase prokok di sini sebagian besar adalah laki-laki yang terdiri dari 68% dari total penduduk.

Sementara dilaporkan ada 35% wanita di negara tersebut yang merokok. Akibat tingginya angka merokok dan masalah Kesehatan lainnya, maka angka harapan hidup Kiribati hanya sekitar 68 tahun.

HALAMAN

Kredit

Bagikan