Info BMKG: Gempa Minggu 22 Januari 2023, Magnitudo 5.3 Guncang Sulawesi Utara

user
Ary B Prass 22 Januari 2023, 13:47 WIB
untitled

Krjogja.com - Gempa bumi kembali terjadi, kali ini terjadi pada Minggu (22/1/2023) di wilyah Sulawesi Utara. Menurut BMKG, gempa bumi tersebut berkekuatan magnitudo 5.3 dan tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa di 143 km Tenggara Melonguane Sulawesi Utara (Sulut), gempa bumi tersebut berada sekitar 143 km sebelah Tenggara Sulut dengan kedalaman 10 km. Terjadinya gempa pada pukul 04.06 Wita atau Pukul 03.06 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Gempa bumi itu dipicu oleh deformasi batuan dalam Lempeng Laut Maluku.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," kata Daryono dalam siaran persnya.

Menurutnya, berdasarkan estimasi peta guncangan ( shakemap), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Damau, Kepulauan Talaud dengan skala intensitas III - IV MMI.

"Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah," ujarnya.

Selain itu, gempa ini dirasakan di daerah Kabaruan, Kepulauan Talaud dan Halmahera Utara dengan skala intensitas III MMI. "Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu," tulisnya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. BMKG menyatakan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Meski demikian, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa. Periksa juga tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. (*)

Kredit

Bagikan