Bikin Syok, Ilmuwan Ungkap Kotornya Wastafel Meski Sudah Dicuci

user
Tomi Sujatmiko 25 Januari 2023, 15:41 WIB
untitled

Krjogja.com - ARIZONA - Kebanyakan orang mengira toilet merupakan tempat terkotor di rumah. Namun jangan buru-buru menganggapnya benar. Hingga sebuah penelitian mengungkap bahwa toilet bukanlah tempat terkotor di rumah, melainkan wastafel dan beberapa perlengkapan di dapur lainnya.

Seperti yang pernah diungkapkan seorang ahli mikrobiologi University of Arizona, Charles Gerba.Dapur menjadi salah satu tempat yang nyaman bagi bakteri untuk tumbuh. Dapur menjadi tempat bagi banyak orang menyiapkan makanan, yang memungkinkan terjadinya penyebaran bakteri Salmonella dan E-Coli.

"Kamar mandi bukan sarang kuman. Kita cenderung lebih sering membersihkannya dibanding tempat lain. Survei rumah baru-baru ini menemukan lebih banyak bakteri di talenan daripada kloset duduk," ujar ahli mikrobiologi University of Arizona, Charles Gerba.

Berbagai peralatan dapur lain seperti handuk, gagang lemari es, kompartemen kulkas, hingga spons dan lap dapur jadi salah satunya. Semuanya berada di dapur yang menjadi tempat memasak sehari-hari.

Masih banyak orang yang parno dengan kotornya kamar mandi. Hingga seorang ilmuwan ahli mikrobiologi lain membagikan kotornya wastafel meski sudah di cuci. Berikut liputan6.com merangkum temuannya yang bikin netizen tercengang melansir dari The Mirror, Rabu (25/1/2023).

Wastafel tetap kotor meski sudah dicuci

Tim Call, seorang ahli mikrobiologi memposting video di TikTok di mana dia menguji wastafel dapurnya untuk menemukan bakteri. Ia kemudian membersihkannya dengan air panas dan sabun dan mengujinya lagi untuk melihat berapa banyak kuman yang berhasil disingkirkan.

Pira 32 tahun itu membuktikan hasilnya yang mencengangkan. Ditemukan germaphobes (bakteri jahat), bahkan dengan lap yang bagus dan beberapa perlengkapan pembunuh bakteri. Ilmuwan masih menemukan 45.000 sampel bakteri asli yang bersembunyi di belakang .

Dia kemudian memposting temuannya secara online ke 203.000 pengikutnya di TikTok, Ia tak menyangka videonya dilihat lebih dari 33,4 juta tampilan dan banyak pengguna media sosial memberikan komentar untuk membagikan kengerian mereka.

Satu orang berkata: "Tapi piring saya menyentuh bak cuci … bagaimana cara menghindari kuman pada piring yang baru dicuci?"

Sementara yang lain menulis: "Jangan makan di rumah siapa pun!"

Dan yang ketiga memposting: "Jadi itu artinya piring kita..."

HALAMAN

Kredit

Bagikan