Ada Kemungkinan Perbedaan Waktu Lebaran, Begini Tanggapan MUI

user
Danar W 23 Maret 2023, 05:10 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Jaidi bersyukur atas penetapan 1 Ramadhan 1444 Hijriah yang jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Dengan begitu, hampir seluruh umat muslim Indonesia akan melaksanakan ibadah puasa pada waktu yang sama, meski momen lebaran dapat berbeda.

“Tahun ini alhamdulillah kita serempak berpuasa esok hari pada 23 Maret, 1 Ramadhan. Yang kemungkinan terjadi perbedaan ada di 1 Syawalnya,” tutur Jaidi di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta Pusat, Rabu (22/3/2023).

“Mudah-mudahan perbedan ini dapat dicari penyelesaiannya dengan baik dan adapun perbedaan jangan menjadi perbedaan di antara kita,” sambungnya.

Jayadi yakin seluruh umat muslim Indonesia akan tetap saling menghormati satu sama lain. Dia pun mengajak agar bulan Ramadhan menjadi momentum kesolehan ibadan dan kehidupan bersosial.

“Tidak sekedar ibadah puasa, qiyamul ramadhan, tapi juga menyantuni saudara-saudara kita, berbagi dalam rezeki Allah,” jelas dia.

Dia pun mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa. Jaidi mendoakan semoga Allah menberikan kesehatan dan kekuatan sehingga dapat menjalankan ibadah sesuai dengan syariat.

“Persatuan dan kesatuan di antara kita, apalagi di tahun-tahun politik ini agar menjadi saling pengertian, tidak menjadikan isu politik perpecahan di antara kita, umat, bangsa Indonesia,” ungkap Jaidi.(*)

Kredit

Bagikan