Soal Larangan Bukber, Mahfud MD: Belum Dengar Pak Jokowi Mau Mencabut

user
Danar W 26 Maret 2023, 19:50 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Mahfud MD mengaku sampai saat ini belum mengetahui adanya rencana pencabutan larangan buka bersama (bukber) bagi pejabat pemerintahan selama Ramadan 2023.

"Saya belum mendengar (ada rencana mencabut larangan)," kata Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) itu kepada wartawan di Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (25/3/2023).

Kendari begitu, Mahfud menanggapi terkait derasnya arus kritik atas keputusan larangan bukber tersebut. Menurutnya, bila Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin mencabut larangan tersebut, adalah hal mudah karena baru sebatas surat edaran (SE).

"Itukan surat edaran ya, jadinya pencabutannya sederhana tidak usah bilang ke menteri kalau mau dicabut, cabut kalau mau. Kan itu bukan keputusan presiden, tapi kan dikeluarkan Menseskab atas arahan Presiden. Nanti kalau mau dicabut tidak, artinya saya tidak harus tahu juga kan," jelasnya.

Meski demikian, Mahfud menilai kritik terhadap larangan yang dikeluarkan pemerintah adalah hal wajar sebagai negara demokrasi.

"Iya tidak apa-apa itulah demokrasi harus ada penilaian dari masyarakat. Dan banyak juga kan seperti saya sebenarnya sudah menyiapkan buka bersama beberapa sesi, tapi saya jadinya hanya buka bersama sama istri," jelasnya.(*)

Kredit

Bagikan