Tanpa Beasiswa, Herlina Buktikan Bisa Kuliah di Luar Negeri

BAGI anak muda di Indonesia, kuliah di luar negeri selalu identik dengan mahal, sehingga beasiswa adalah jalan satu-satunya. Herlina Wahyuni membuktikan tanpa beasiswa ia bisa mewujudkan impiannya, bahkan ia bisa memenuhi biaya hidup dan kuliahnya sendiri.  

Herlina Wahyuni belum genap 18 tahun saat meninggalkan Indonesia untuk kuliah di Kanada. Gadis lulusan SMAN 1 Gombong, Kebumen ini memilih untuk mengejar impiannya kuliah di luar negeri meski sudah diterima di salah satu universitas negeri favorit di Yogyakarta.

Saat ini, bukan hanya impiannya bisa kuliah di luar negeri terwujud, namun ia bisa memenuhi kebutuhan hidup dan biaya kuliahnya sendiri selama di  Kanada. Bahkan ia sempat mau mengirimkan uang untuk orang  tuanya dari hasil dia kuliah sambil kerja. “Ayah menolaknya, meminta saya menyimpannya dulu," kata Herlina.

Herlina sendiri mengatakan bukan dari keluarga mampu, ayahnya Agus Sunarko (48) guru SD dan ibunya Kasini (47) penjahit. Tepat setahun lalu akhirnya ia bisa terbang ke Kanada, negara tujuan untuk mewujudkan impiannya. 

 “Terpenting itu fokus pada impian kita, niat dan tekad, masalah finansial nanti akan menemukan jalan keluarnya," ujar Herlina di depan orang tua yang hadir dalam Malam Apresiasi NIEC Indonesia yang berlangsung di Hotel Amaris Yogyakarta, Sabtu (13/01/2018). Kehadirannya sekaligus menjadi kejutan manis bagi orang tuanya karena mengira ia masih di Kanada.

Baca Juga : Gadis Kebumen Ini Berikan Kejutan Manis untuk Ibunya

Impiannya sejak kecil adalah kuliah di luar negeri. Cita-citanya tersebut semakin besar setelah mendapat penjelasan dari NIEC Indonesia, konsultan pendidikan di luar negeri.

“Kuliah ke luar negeri selepas SMA ternyata bisa. Tidak harus menunggu beasiswa. Bahkan kita bisa memenuhi biaya pendidikan dengan cara bekerja,” kata Herlina yang pulang ke Indonesia untuk berlibur.

Saat tiba pertamakali di Kanada, Herlina benar-benar sendiri. Ia menghubungi seorang mahasiswa asal Jawa Tengah yang ada di Kanada. Selanjutnya semua ia lakukan sendiri.

“Kalau masih mewek (nangis) karena tidak berasama orang tua dari sekarang harus latihan  Kalau bapak ibu punya anak yang ingin kuliah ke luar negeri, mulai diajari untuk mandiri, pasti bisa kuliah ke luar negeri,” katanya pada orang tua yang datang di acara tersebut. (Apw)

BERITA REKOMENDASI