Pertama di Indonesia, Nikah Unik di Goa Ngingrong Gunungkidul

user
danar 29 Maret 2022, 22:10 WIB
untitled

WONOSARI, KRJOGJA.com - Dua pasangan calon pengantin melaksanakan pernikahan di lembah dasar pintu masuk Goa Ngingrong, Mulo, Kapanewon Wonosari, Selasa (29/3/2022). Pernikahan unik ini digagas Forum Ta’aruf Indonesia (Fortais). Ketua Fortais Ryan Budi Nuryanto menuturkan , nikah unik ini jadi yang pertama di Indonesia.

"Mungkin ini yang pertama di Indonesia, menikah di dalam gua, termasuk yang pertama di Gunungkidul," kata Budi Nuryanto usai pelaksanaan acara.

Diungkapkan, prosesi nikah unik memang dilaksanakan menjelang Bulan Ramadan. Selain itu juga mempromosikan Goa Ngingrong sebagai salah satu destinasi alam dari Gunungkidul.

Potensi kekayaan alam, budaya, hingga kuliner di Gunungkidul dapat diangkat dalam cara unik seperti pernikahan. Bahkan salah satu mahar pernikahan yang digunakan adalah makanan khas asal Gunungkidul.

"Walang goreng satu toples sebagai mahar pernikahan untuk kedua pasangan," ujarnya.

Direktur BUMDes Mulo, Wonosari Heris Purwoko menyambut baik tentang ide kreasi dan inovasi kegiatan nikah unik ini. Pengelolaan unit kawasan wisata membutuhkan konsep kreatif, sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Kegiatan dihadiri Kepala KUA Wonosari Harsono, Penewu Wonosari Iswanto, Lurah Mulo Sugiyarto, muspika dan undangan.

Prosesi nikah dimulai dengan atraksi diantaranya mempelai pria yang datang menyambut pasangannya dengan wahana flying fox. Bunga kemudian diberikan ke pasangannya tersebut. Kedua calon pengantin turun ke kedalaman 70 meter, menuju Gua Ngingrong. Di sinilah janji pernikahan diucapkan di hadapan penghulu. Lurah Mulo Sugiyarto menambahkan, harapannya kegiatan inti tentunya dapat mendongkrak kunjungan wisata di Ngingrong, Mulo, Wonosari.(Ded)

Credits

Bagikan