KETIKA aku dan temanku berjalan menuju Masjid Al Munawwarah Timoho Yogyakarta, kami melihat sepasang kakek dan nenek sedang berada di dekat gerobak. Si kakek berdiri di samping gerobak, sedangkan si nenek sedang makan di atas gerobak yang ada tulisan warna putih: Biar begini, yang penting halal. (M Kiflain Nurrahman, Perum BSA 2 Joho 18 Gununggempal Giripeni, Wates Kulonprogo 55612)

Kiriman:
,

PARA siswa salah satu Madrasah Tsanawiyah di Purbalingga saat itu sudah pulang semua. Aku nermaksud mengecas hp di ruang kelas paling ujung, dekat kebun dan kamar mandi. Ketika aku siap masuk lewat jendela, mendadak juga muncul kepala dari dalam. Spontan kami berteriak bersamaan. Setelah sadar, ternyata itu kepala temanku yang sedang duduk-duduk di kelas. (Akmal Ardiansah, Perum Jatimulyo Baru B-10 Kricak, Tegalrejo Yogyakarta)

Kiriman:
,

13 Februari 2020

PARA siswa salah satu Madrasah Tsanawiyah di Purbalingga saat itu sudah pulang semua. Aku nermaksud mengecas hp di ruang kelas paling ujung, dekat kebun dan kamar mandi. Ketika aku siap masuk lewat jendela, mendadak juga muncul kepala dari dalam. Spontan kami berteriak bersamaan. Setelah sadar, ternyata itu kepala temanku yang sedang duduk-duduk di kelas.

Kiriman:
Akmal Ardiansah, Perum Jatimulyo Baru B-10 Kricak, Tegalrejo Yogyakarta

MINGGU 19 Januari 2020 pagi sedang hujan gerimis. Saya bersama teman-teman menengok kebun rambutan di ladang. Kawanan kera itu sedang menyerbu buah rambutan. Kami berteriak menghalau kera-kera itu, sehingga kawanan kera itu berhamburan seperti ‘udan kethek’. (Suratmin, Kedungombo RT 01 RW 01 Candirejo, Borobudur Magelang 56553)

Kiriman:
,

GUS Sholah (KH Salahuddin Wahid) ternyata meninggal di ‘hari yang istimewa’ yaitu Minggu, tanggal 02-02-2020. Sebuah tanggal yang unik dan langka, karena angkanya dibaca dari kanan ke kiri dan dibaca dari kiri ke kanan, ternyata ..... SAMA!!! (alias disebut Palindrom). Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Turut berduka cita atas berpulangnya Gus Sholah, Insya Allah Husnul Khatimah. (Hendro Wibowo, Jl P Diponegoro 122 Kutoarjo 54212)

Kiriman:
,

RUMAH tetangga saya akhir-akhir ini sering dimasuki ular, apalagi di musim hujan seperti saat ini. Tetangga sering kesulitan mengusir ular yang masuk rumah. Sesepuh kampung menasihati agar ular diusir menggunakan carang atau ranting bambu. Ternyata ular tidak berkutik jika diusir menggunakan bambu. (Sumarno, Klumutan RT 14 RW 07 Srikayangan, Sentolo Kulonprogo 55664)

Kiriman:
,

4 Februari 2020

EMAN saya seorang PNS, berkunjung ke rumah saudaranya di Lampung. Ketika turun di terminal bus Rajabasa, dia dikepung beberapa preman, sehingga harus berlari untuk menyelamatkan diri. Pada kunjungan berikutnya, dia memakai pakaian dinas lengkap seragam Polisi Pamong Praja. Ternyata tidak ada preman yang mendekatinya.

Kiriman:
Ambar Isnaini, Sendangadi Mlati Sleman

2 Februari 2020

GUNA menghalangi ular masuk rumah, seseorang menasihati saya untuk memasang sapu lidi di tengah pintu masuk rumah. Ular memang tidak masuk, tetapi saya, istri dan anak saya berkali-kali "˜kesrimpet"™ dan "˜kesandung"™ sapu tadi.

Kiriman:
M Budi Prastowo, Jalan Pasar Hewan 26 A Kutoarjo 54211

1 Februari 2020

HARI libur nasional tahun 2020 ini yang berhubungan dengan budaya dan keagamaan, banyak jatuh tanggal 25. Yakni 25 Januari tahun baru Imlek, 25 Maret Hari Raya Nyepi, 25 Mei Idul Fitri untuk umat Islam, dan 25 Desember Hari Raya Natal untuk umat Kristiani.

Kiriman:
Wariso Waris, Wonosidi Lor RT 03 RW 13 Wates, Kulonprogo 55651)

29 Januari 2020

SELASA 7 Januari 2020, ketika saya menunggu bus di halte Trans Jogja depan Hotel Santika, saya berkenalan dengan Alfredo, wisatawan asal Sydney Australia. Kami berbincang menggunakan Bahasa Inggris dan ia mengaku sudah dua minggu berada di Yogya. Dikatakan bahwa Bahasa Inggris yang saya gunakan bagus. Padahal Bahasa Inggris saya amburadul dan hanya modal nekat.

Kiriman:
Chendra Octaria, Jalan Diponegoro 9A RT 012 RW 003 Gowongan, Yogyakarta 55232

28 Januari 2020

POHON mangga di kebun yang sedang berbuah lebat selalu dicuri orang, dalam jumlah banyak. Berbagai cara telah dilakukan untuk mencegah pencurian, termasuk memasang kawat berduri, mangga masih juga dicuri. Karena kehabisan akal, saya memasang bunga tujuh warna dan kemenyan di bawah pohon mangga. Ternyata buah mangga tidak lagi dicuri.

Kiriman:
Biobina, Karanggawang RT 03 RW 26 Girikerto, Turi Sleman 55551

27 Januari 2020

SAAT menunggu bus di Terminal Garut Jawa Barat, saya ngobrol dengan orang yang duduk di sebelah saya di ruang tunggu. Saya basa-basi bertanya asal orang itu. Ia menjawab, "Dari Yogya Lantai Dua." Ketika saya tanyakan maksudnya, ia menjelaskan, "Kula saking Wonosari, Mas."

Kiriman:
Sukina, Jambitan Lor RT 06 Banguntapan Bantul