Hari Kedua PPKM Darurat, Petugas Paksa Puluhan Kendaraan Luar Daerah Putar Balik

user
Ary B Prass 04 Juli 2021, 14:20 WIB
untitled

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Temanggung memaksa puluhan kendaraan dari luar daerah untuk putar balik karena pengendara tidak dapat menunjukkan surat bebas Covid-19. Operasi penyekatan digelar 24 jam di sejumlah pintu masuk kabupaten tersebut sampai 20 Juli mendatang.

Kasat Lantas Polres Temanggung AKP Muhammad Fadlan mengatakan, sudah saatnya tim Satgas untuk tegas menegakkan aturan karena bukan saatnya lagi sosialisasi. Penegakkan aturan untuk membuat warga yang abai menjadi taat aturan.

"Sosialisasi sudah dilaksanakan, dari presiden sampai tingkat desa bahkan RT, kini adalah penegakkan aturan. Pendisiplinan warga," kata Muhammad Fadlan, saat memimpin operasi penegakkan hukum di pos penyekatan Kaliampo, Pringsurat Temanggung, Minggu (4/7/2021).

Dikatakan, Satgas Covid-19 Temanggung mendirikan setidaknya dua pos penyekatan, yakni di Kaliampo Pringsurat untuk pintu masuk dari timur dan utara dan pos Kledung sebagai pintu masuk dari arah barat.

Penyekatan kata dia, dimaksudkan untuk mengecek mobilitas warga dari luar daerah yang akan masuk ke Temanggung. Mereka yang mampu menunjukkan surat bebas Covid-19, seperti melalui PCR dan antigen yang dalam beberapa jam terakhir yang boleh masuk.

"Meski sudah di vaksin jika tidak mampu tunjukkan bebas Covid-19, harus tetap kembali ke daerah asal. Kami tegas," katanya.

Dia mengemukakan, lebih baik saat ini tim satgas ribut dengan mereka yang abai prokes dari pada yang abai prokes itu ternyata menderita corona dan menularkan virus yang membahayakan keselamatan orang banyak.

"Lebih baik tegas dan hasilnya baik, daripada nanti ada ledakan pasien pasien. Rumah sakit sudah penuh dan tidak mampu menampung pasien," jelasnya.

Dikemukakan, target ada penurunan penderita Covid-19 dalam beberapa hari kedepan, makanya tim gabungan bergerak untuk lakukan penyekatan dan juga membubarkan kerumunan yang potensial ada penularan virus Corona. (osy)

Kredit

Bagikan