14 Kejaksaan Tinggi Gelar Sidang Online

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kejaksaan Agung mencatat setidaknya 14 Kejaksaan Tinggi telah melaksanakan persidangan secara daring atau online untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19). Persidangan online dilakukan berdasarkan surat edaran Menkumham Yasonna Laoly.

Selain akibat corona, persidangan online dilakukan karena pengadilan sudah tidak bisa lagi memperpanjang masa tahanan para terdakwa. Hal itu tertuang dalam surat edaran Ketua Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020.

“Apalagi kemudian adanya surat Menteri Hukum dan HAM tanggal 24 Maret yang melarang pengiriman dan pengeluaran tahanan dari Rutan membuat Jaksa tidak ada pilihan. Harus menuntaskan perkara dengan sidang online,” kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Sunarta.

Dalam persidangan online, hanya hakim dan jaksa yang hadir ke pengadilan. Terdakwa cukup berada di tahanan dengan mengikuti persidangan lewat video conference.

Sunarta mencatat ada 14 Kejati yang sudah menggelar sidang online, yakni Kejati Papua Barat, Riau, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

BERITA REKOMENDASI