Ajak Bijak Sikapi Stigma Covid-19: Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Penyuluhan Kesehatan

SEMARANG,KRJOGJA.com – Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 68 menyelenggarakan penyuluhan kesehatan kepada warga RW 003 Podorejo, Ngaliyan Kota Semarang, Sabtu lalu (31/10/20).

Dengan menghadirkan staf Promosi Kesehatan Puskesmas Ngaliyan Anis Nur Budiati SKM, penyuluhan kesehatan ditujukan agar masyarakat mampu menyikapi stigma Covid-19 dengan bijak. Hal itu disampaikan oleh Adillah Safiy Nuha selaku ketua panitia kegiatan.

“lnformasi yang kami dapatkan dari pihak RW, ada warga di RW 003 Kelurahan Podorejo belum mampu dalam mengelola informasi seputar isu-isu Covid-19. Maka dari itu kami bersama teman-teman KKN UIN Walisongo bersinergi dengan Puskesmas Ngaliyan mengadakan Penyuluhan Kesehatan,” ujar Adillah Safiy.

Sedangkan Anis Nur Budiati SKM menyatakan akan pentingnya program edukasi kesehatan kepada masyarakat, khususnya Kelurahan Podorejo. Menurutnya, sekitar 60% warga Podorejo yang taat terhadap protokol kesehatan. Sehingga kegiatan penyuluhan ini dianggap tepat dan sangat diperlukan untuk menetralkan stigma negatif masyarakat terhadap Covid-19, terlebih lagi karena kasus Covid-19 di Semarang yang terus meningkat.

Ketua RW 003 Abdi Ngaseno menyampaikan apresiasi dan senang dengan kehadiran Tim KKN UIN Walisongo, dan berharap lewat kegiatan ini masyarakat mampu memilah informasi-informasi yang berseliweran seputar Covid-19.

“Saya merasa sangat senang dan bersyukur dengan adanya kegiatan penyuluhan kesehatan yang digagas Tim KKN. Harapan saya melalui kegiatan ini, warga mampu memilah informasi seputar Covid-19 dengan teliti,” ucapnya.

Selain penyuluhan, Tim KKN juga membagikan buletin dakwah hasil karya anggota KKN Tim 68 (Assakinah, PIAUD UIN Walisongo) dan berbagai souvenir kesehatan seperti face shield, masker, dan hand sanitizer.

Kegiatan berjalan lancar dan mendapat respon positif dari warga yang terlibat dalam penyuluhan kesehatan ini. Para warga antusias mengikuti kegiatan hingga selesai. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI