Alut Bantu Disabilitas Harus Sesuai dengan Kebutuhan

Editor: Ivan Aditya

ARDEN terlihat nyenyak tertidur meskipun badannya dipegang beberapa orang untuk diuku mulai dari tinggi badan, lebar bahu, pinggang dan yang lain. Sesekali dia menggeliat, tak berselang lama ia mulai terbangun. Bukan di tempat tidur, melainkan diatas kursi roda yang nantinya akan gunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

“Alhamdulillah sekali dapat kursi roda. Sebelumnya belum punya. Kalau mau beraktivitas harus dibantu,” ujar Sudarsih, ibu Arden yang terlihat terharu ketika melihat anaknya akan segera mendapatkan kursi roda.

Bukan sembarang kursi roda, melainkan kursi roda yang benar-benar adaptif yang sesuai dengan kebutuhan dia. Ketika ditanya apakah anaknya penyandang Cerebral Palsy (CP), Sudarsih mengaku tidak tahu.

“Kurang tahu secara pastinya apa. Tapi yang jelas dia harus menjalani terapi di rumah sakit. Ini perkembangannya sudah bagus sekali,” katanya.

Proses pengukuran kursi roda buat Arden tersebut berlangsung di Perkumpulan OHANA Indonesia di Jalan Kaliurang Km 16,5 Sleman, Senin (07/02/2022), bersama dengan Pembukaan Integrasi dan Pemberdayaan Sosial Penyandang Disabilitas Melalui Training Bengkel Kursi Roda, Layanan Kursi Roda Adaptif Bagi Atlet Disabilitas. OHANA merupakan organisasi yang memang fokus pada pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Risnawati Utami selaku Founder perkumpulan OHANA Indonesia mengatakan, kursi roda yang digunakan oleh disabilitas itu tidak sama. Harus disesuaikan dengan kebutuhan dan juga harus ada perawatan rutin agar tidak menimbulkan disabilitas baru.

“Alat bantu bagi penyandang disabilitas itu tidak dapat disamaratakan karena tingkat disabilitas mereka juga berbeda-beda. Untuk itu penting pelatihan ini, selain membuka lapangan kerja juga sekaligus memberikan edukasi,” ungkapnya.

Andhika Putra Kurniawan selaku Head of Yogyakarta Office Sompo Insurance mengatakan, bantuan sebesar Rp 120 tersebut langsung dari kantor pusat di Jepang. Sebelumnya ada proses seleksi yang diikuti 10 organisasi.

“Kami berharap bantuan ini dapat membantunya kesejahteraan teman-teman penyandang disabilitas. Karena isu kesejahteraan juga menjadi perhatian kami,” ungkapnya. (Awh)

BERITA REKOMENDASI