Ardi Peringkat Dua Catur Tuna Netra

SOLO, KRJOGJA.com -Ardi Nugroho, pecatur tuna netra dari DIY meraih juara II dalam turnamen catur antar tunanetra di Gedung E Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Minggu. Untuk pertama direbut Enda Permana dari Sukabumi dan juara III Sugianto dari Cilacap.

Turnamen bertajuk Senyum Cup #1 diselenggarakan Yayasan “Senyum Kita” yang berkolaborasi dengan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) dan tim Pelatnas. Sebanyak 46 peserta ada yang datang secara individu maupun kelompok seperti dari  DKI dan DIY.

Turnamen mempertemukan 46 pemain catur tunanetra dari seluruh Indonesia. Mereka diantaranya dari Banten, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Wahyu Setiawan adalah panitia kompetisi Senyum Cup #1 yang juga penyandang tunanetra, mahasiswa  Pendidikan Luar Biasa (PLB) FKIP UNS. Ia menjelaskan turnamen menggunakan sistem Swiss.  Pengacakan menggunakan mesin atau aplikasi Swiss Manager.

Menurut Wahyu, turnamen catur tunanetra jarang digelar sehingga menjadi kendala untuk melahirkan bibit. Dengan adanya Senyum Cup diharapkan bisa melahirkan bibit atlet catur tunanetra.-(Qom)

BERITA TERKAIT