Belajar Mandiri Bantu Murid Hadapi Tantangan Masa Depan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Belajar secara mandiri di tengah pandemi dapat membantu peserta didik ketika nanti menghadapi tantangan di masa depan.

Direktur Direktorat Pendidikan Vox Populi Institute Indonesia Indra Charismiadji ,di Jakarta Sabtu (14/11 2020) menjelaskan di tengah pandemi ini,pembelajaran saat ini harus mendorong peserta didik untuk belajar secara mandiri. “Jangan bergantung kdengan ilmu yang diberikan di sekolah saja, karena nanti cepat berubah apa yang mereka pelajari,”ujar Indra

Indra menjelaskan perubahan zaman membuat banyak pekerjaan hilang. Namun, pada saat yang sama juga banyak pekerjaan baru yang muncul. Prediksi ini harus diperhatikan dalam membuat kebijakan-kebijakan di dalam pendidikan

Contohnya SMK yang selama ini lulusannya dituding sebagai penyumbang pengangguran terbesar. Jika dilihat lebih dalam lagi, Indra mengatakan, berdasarkan data dari Direktorat SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ternyata yang paling banyak menganggur adalah lulusan SMK bisnis dan manajemen.

Menurutnya, banyaknya pengangguran dari SMK bisnis dan manajemen ini sejalan dengan perkembangan zaman. Saat ini, pekerjaan seperti sekretaris, pembukuan, admin, hingga memasukkan data bisa dilakukan menggunakan teknologi.

Ke depannya, menurut Indra peserta didik harus dibiasakan berkreasi dan mengembangkan diri sendiri. Ketika seseorang bisa mengembangkan diri sendiri maka akan lebih mudah beradaptasi dalam menghadapi tantangan-tantangan di masa depan.(ati)

BERITA REKOMENDASI