Berikut, Tiga Skema Pemberangkatan Jamaah Haji Tahun 2021

PANDEMI virus corona (covid-19) yang tengah melanda Indonesia dan dunia belum dapat dipastikan kapan akan berakhir. Segala upaya pun dilakukan agar semua aktivitas bisa terus berlangsung meski wabah masih melanda. Salah satunya adalah persiapan pelaksanaan ibadah haji untuk tahun depan.

Kementerian Agama Republik Indonesia menyatakan mempunyai tiga skema terkait pemberangkatan jamaah haji tahun 2021. Pertama, jika covid-19 sudah tidak ada lagi berarti keadaan kembali normal dan kuota normal. Bedanya jamaah haji yang mestinya berangkat tahun 2020 akan diberangkatkan pada 2021. Lalu jamaah yang berangkat tahun 2021 mundur jadi 2022, kecuali kalau pada 2021 Indonesia mendapatkan tambahan kuota.

“Yang kedua, kuota dengan pembatasan yang asumsinya covid masih ada dan hal ini akan terjadinya pengurangan kuota. Jika diasumsikan berkurang 50 persen dari kuota saat ini tentu akan ada jamaah yang mundur keberangkatannya, berakibat pula daftar tunggu semakin panjang,” ungkap Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar Ali, dikutip dari haji.kemenag.go.id, Jumat (21/8/2020).

BERITA REKOMENDASI