BNPT – Pemkab Temanggung Bangun Kawasan Terpadu Nusantara

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Perum Perhutani dan Pemkab Temanggung menandatangani nota kesepahaman (MoU) membangun Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di lereng Gunung Sindoro Kabupaten Temanggung, Kamis (16/06/2022). Penandatangan MoU dilangsungkan di kawasan Embung Bansari.

Pada kesempatann itu, BNPT diwakili Sekretaris Utama BNPT Mayjen TNI Dedi Sambowo, Bupati Temanggung M Al Khadziq dan Kepala Departemen Pengelolaan Sumber Daya Hutan Perhutani Divisi Regional Jateng Agus Priyantono. KTN di lereng Gunung Sindoro tersebut menempati kawasan Perhutani dengan luas sekitar 10 hektare.

Usai penandatanganan Dedi Sambowo menerangkan, MoU sebagai implementasi dari Undang-Undang No 5 Tahun 2018, di mana negara hadir dalam hal ini BNPT untuk melaksanakan amanat undang-undang tersebut, yakni kesiapsiagaan nasional, kontraradikalisasi dan deradikalisasi.

“Pada deradikalisasi, kami perhatian terhadap mitra eksnapiter atau mitra deradikalisasi untuk bersama-sama dengan masyarakat lain membangun satu kawasan,” katanya.

Ia mengatakan, di kawasan itu dilakukan identifikasi, rehabilitasi, reedukasi dan reintegrasi sosial. Peserta deradikalisasi akan bergabung dengan masyarakat, disatukan untuk membangun fisik dan nonfisik. “Fisiknya KTN nanti ada aspek ekonomi, pariwisata dan asepek edukasi,” jelasnya.

Selain di Temanggung, KTN juga dibangun di Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat.
Bupati Temanggung Al Khadziq mengatakan, penandatangan nota kesepahaman antara Pemkab Temanggung, Perhutani dan BNPT sangat penting dan strategis karena tidak lepas dari rencana BNPT untuk membangun wilayah kawasan yang akan dimanfaatkan untuk pelaksanaan program deradikalisasi dalam sebuah KTN.

Khadziq mengatakan, pembangunan kawasan ini merupakan upaya pemerintah untuk melakukn deradikalisasi berbasis pendekatan kesejahteraan sebab perlu disadari membangun kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, lebih aman tidak bisa hanya dilakukan pendekatan dengan power semata.

Menurutnya, perlu untuk mencegah sekaligus melakukan edukasi kepada masyarakat dengan berbagai pendekatan untuk mencegah bahaya terorisme dengan pendekatan kesejahteraan. “Pemkab Temanggung menyampaikan terima kasih kepada Kepala BNPT atas ditunjuknya Desa Bansari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung sebagai lokasi pembangunan KTN,” katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI