Bupati Imbau Pelaksanaan Salat Idul Adha di Masjid

CILACAP, KRJOGJA.com – Kendati dalam surat edaran Bupati Cilacap nomor 440 Juli 2020, tentang penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban, pelaksanaan shalat Idul Adha diperbolehkan di lapangan, namun Pemkab Cilacap tetap menyarankan atau mengimbau agar masyarakat yang akan melaksanakan shalat tersebut di dalam masjid dan halaman masjid, seperti layaknya shalat Jumat.

“Ini untuk mempermudah dalam pengawasannya. Jika di lapangan sulit, apalagi kalau pintu masuknya banyak,”ujar Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman, Rabu (29/07/2020).

Begitu pula dengan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, Syamsul mengimbau para panitia penyembelihan hewan kurban agar tetap memenuhi protokol kesehatan seperti yang diatur dalam surat edaran bupati tersebut. Dalam surat edaran bupati Cilacap itu disebutkan, penerapan Jaga jarak fisik (physical distancing) meliputi, pemotongan hewan kurban dilakukan di area yang memungkinkan penerapan jarak fisik.

Kemudian penyelenggara mengatur kepadatan di lokasi penyembelihan, hanya dihadiri panitia dan pihak yang berkurban, pengaturan jarak antar panitia pada saat melakukan pemotongan, pengulitan, pencacahan dan pengemasan daging, serta pendistribusian daging hewan kurban dilakukan pantia ke rumah mustahik.

BERITA REKOMENDASI