Cegah Penyebaran Covid-19 Bapas Purwokerto Bagikan Vitamin

Editor: Ivan Aditya

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid 19, petugas Balai Pemasyarakatan (Bapas) kelas II Purwokerto, Senin (27/10/2020) melakukan aksi serentak dengan membagikan masker, hand sanitizer, dan vitamin kepada masyarakat. Kegiatan tersebut sekalian dalam rangkaian dari peringatan Hari Dharma Karyadhika Kementrian Hukum dan Ham (2020).

Kepala Bapas Purwokerto Edy Suwarno menjelaskan acara puncak hari jadi tersebut tepatnya ditanggal 30 Oktober. “Selain diisi dengan bhakti sosial bagi bagi hand sanitizer, masker dan vitamin, peringatan hari jadi tersebut juga diisi dengan tasyakuran dan upacara serentak secara nasional.

Pembagian hand sanitizer tersebut dilakukan di seputar bundaran RSUD Margono Soekarjo Purwokerto. Sejumlah pengguna jalan yang tidak memakai masker, diberi masker dan vitamin.

Edy, menambahkan dilingkungan internal Bapas juga dibentuk Tim satgas covid yang bertugas melakukan pengecekan suhu tubuh, hingga melakukan penyemprotan lingkungan Bapas secara rutin.

Bapas Purwoketo yang memiliki wilayah hukum di Barlingmascakeb ini , saat ini memiliki binaan 1.021 ( seribu duapuluh satu) orang. Mereka yang mendapatkan hak asimilasi dan integrasi setelah menjalani setengah masa tahanan, kemudian diperbolehkan kembali ke masyarakat dan keluarga.

Bapas sendiri bertugas melakukan pengawasan dan pembinaan, agar para mantan napi bis diterima di masyarakat. Bahkan melalui program budidaya dan pengolahan minyak sereh wangi Bapas Purwoketo juga mendapat penghargaan dari kementrian hukum dan HAM dengan program pembinaan yang terbaik.

Budidaya dan pengolahan minyak sereh wangi tersebut, selain menghasilkan produk berkualitas, para pekerjanya juga mengkaryakan para mantan napi. (Dri)

BERITA REKOMENDASI