Dandim Bantul : Kita Keroyok Permasalahan untuk Diselesaikan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Intensitas hujan yang terus meningkat harus menimbulkan beragam potensi bencana alam di Kabupaten Bantul. Semua stakeholder mesti siap menghadapi segala kemungkinan terburuk bencana hidrometeorologi. Sementara Kodim 0728 Bantul mensiagakan 300 personil untuk menghadang segala potensi bencana alam di Bantul.

“Tadi malam dampak dari hujan deras mengakibatkan satu pohon tumbang di Dusun Nogosari 1 Wukirsari Imogiri, menimpa rumah warga. Tetapi tidak ada korban jiwa hanya kerusakan rumah,” ujar Lurah Wukirsari Imogiri, Susilo Hapsoro SE didampingi Ulu-ulu Kalurahan Wukirsari Imogiri, Asnan Hidayat.

Dijelaskan tumbangnya pohon di Nogosari tersebut akibat curah hujan tinggi sementara posisi berada di tebing. Pihaknya mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan mengingat potensi bencana alam bisa terjadi setiap saat. Sementara personil FPRB Kalurahan Wukarsari siaga 24 jam untuk menangani dampak dari bencana hidrometeorologi tahun ini.

Penewu Anom/Sekcam Imogiri, Sunarto SSos mengatakan jika potensi bencana di Imogiri cukup beragam. Mulai banjir, tanah longsor hingga pohon tumbang. “Kemarin sudah terjadi longsor di tiga lokasi. Sudah dicek lokasi langsung dari tim Kabupaten termasuk Pak Bupati Halim, ” ujarnya.

Pihaknya sudah koordinasi dengan semua lurah. Semua relawan sudah dikumpulkan untuk mengantisipasi dan penanganan ketika terjadi bencana. “Kita menyiapkan semua potensi relawan dimasing-masing kalurahan dan sudah siap, termasuk posko disetiap kalurahan,” ujarnya.

Sunarto mengungkapkan, Imogiri dilalui tiga sungai yakni Opak, Oya serta Kali Celeng. “Tiga sungai ini berpotensi banjir dan harus diwaspadai karena ketikannya punya history banjir dalam skala besar,” jelasnya.

Komandan Kodim Bantul, Letkol Inf Agus Indra Gunawan mengatakan sekitar 300 personel TNI sudah dipersiapkan untuk menghadapi segala potensi bencana alam di Kabupaten Bantul. Indra minta kepada semua pihak memperhatikan hal-hal yang berpotensi menimbulkankan bencana alam.

“Diharapkan dengan kondisi cuaca saat ini juga saya sudah instruksikan ke jajaran kami kalau misalnya ada pohon-pohon besar yang nantinya berpotensi tumbang agar segera dikoordinasikan dilakukan pemotongan,” jelasnya.

Kemudian posko bencana yang standby di DPBD Bantul. “Dalam penanganan bencana, tentunya kita semua sudah siap termasuk kegiatan-kegiatan pencegahan mitigasi sudah kita sampaikan juga ke jajaran kita berkolaborasi dengan Polres Bantul. Pada intinya permasalahan di Bantul kita keroyok sama sama untuk diselesaikan,” jelasnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI