Daya Saing Digital di Indonesia Semakin Merata

JAKARTA, KRJOGJA.com – Hasil studi East Ventures Digital Competitiveness Index (EV-DCI) 2021 menunjukkan bahwa daya saing digital antar provinsi di Indonesia makin merata. Pemerataan tersebut tampak dari kenaikan skor median indeks daya saya saing digital (EV-DCI) dari 27,9 pada 2020 menjadi 32,1 pada 2021.

Dari hasil studi tersebut DI Yogyakarta menduduki urutan ke 6 dengan skor EV-DCI sebesar 47,5. Adapun urutan pertama hingga ke urun lima yakni DKI Jakarta dengan skor 77,6 kemudian Jawa Barat dengan skor 57,1, Jawa Timur dengan skor 48,0, Bali dan Banten masing masing dengan skor 47,7. Sedangkan yang terendah adalah Papua dengan skor 22.0.

“Adanya pandemi sedikit mengerem pertumbuhan pesat ekonomi digital Indonesia. Namun, pandemi juga membantu mengakselerasi adopsi layanan digital di Indonesia. Seperti ketapel yang ditarik ke belakang, ekonomi digital Indonesia bakal melesat menuju era keemasan setelah setelah pandemi bisa teratasi,” kata Co-Founder & Managing Partner East Ventures. Willson Cuaca, dalam acara webinar bengan tema “Momentum Akselerasi Transformasi Ekonomi Digital”, EV-DCI 2021 di Jakarta, Senin (14/3)

BERITA REKOMENDASI