Dinas Pertanian Salatiga Luncurkan Niansista

Editor: Ivan Aditya

SALATIGA, KRJOGJA.com – Dinas Pertanian Salatiga melaunching (meluncurkan) Pertanian Berbasis Pariwisata Niansista) untuk menggairahkan ekonomi masyarakat kecil ditengah pandemi virus korona, Selasa (18/08/2020). Niansista ini menempati eks tanah bengkok Kelurahan Kecandran, Kecamatan Sidomukti.

Kepala Dinas Pertanian, Nunuk Dartini mengatakan program program Niansista diluncurkan karena pertanian merupakan penyangga ketahanan pangan msyarakat. Di era pandemi virus korona ini, pertanian adalah sektor yang paling bertahan.

Program pertanian berbasis pariwisata tidak mengubah petani menjadi pelaku pariwisata tetapi mengkolaborasikannya. Lahan pertanian di Kota Salatiga tidak luas maka perlu inovasi, sebuah terobosan dan proyek perubahan oleh Dinas Pertanian.

“Niansista sudah melewati diskusi di lapangan, kajian-kajian, sehingga Niansista menjadi sesuatu yang ditangkap positif oleh petani,” jelasnya.

Walikota Salatiga, Yuliyanto meminta kepada Dinas Pertanian untuk mengajak lurah untuk berdiskusi memperluas program Niansista ini. “Kegiatan semacam ini harus menyebar ke berbagai wilayah di Salatiga, ajak para lurah membuka Niansista di wilayahnya masing-masing,” kata Yuliyanto. (Sus)

BERITA REKOMENDASI