DIY Targetkan 80 Persen Warga Tervaksin Awal September

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY kini mengebut vaksinasi Covid-19 untuk 2,8 juta warganya. Ditargetkan, awal September 80 persen warga DIY bisa tervaksin untuk mengantisipasi fatalitas virus Covid-19.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengatakan saat ini kemampuan vaksinasi DIY masih berada pada angka 12.900 dosis perhari. Sultan meminta kabupaten/kota untuk meningkatkan kemampuan menjadi 20 ribu dosis setiap hari.

“Saat ini per hari masih 12 ribuan menjadi 20 ribu vaksin karena nakes kita cukup untuk memungkinkan itu. Harapan saya stok di kabupaten/kota kira-kira ada 76 ribuan vial atau untuk 700 ribuan orang kalau kita bisa selesaikan akhir Agustus atau awal September paling sedikit 80 persen tervaksin sehingga bulan berikutnya bisa diselesaikan di November,” ungkap Sultan pada wartawan, Kamis (19/08/2021).

Sultan mengatakan saat ini terpenting warga DIY bisa tervaksin meski baru sebatas dosis pertama. Hal tersebut untuk mengantisipasi tingkat fatalitas akibat infeksi virus Corona.

“Yang penting kita suntik semua meski baru dosis pertama, dosis kedua kita nanti di belakang kalau Sinovac 28 hari kalau Astra Zeneca ini masih tiga bulan. Terpenting divaksin dulu, meski dosis pertama sudah cukup imunitas masih 30 persen tapi sudah ada,” sambung Sultan.

Terkait teknis pelaksanaan untuk memudahkan masyarakat, Sultan meminta Sekda DIY berkoordinasi dengan kabupaten/kota untuk membaca kemungkinan pelaksanaan. “Apa itu RT/RW atau mana yang paling cepat itu nanti teknis. Akan ada pertemuan sekda DIY dan kabupaten/kota agar segera percepatan vaksinasi,” pungkas Sultan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI