DPR Ajak Pustakawan Terus Inovasi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Perpustakaan Nasional bersama Komisi X DPR RI mendukung penuh kolaborasi dengan perguruan tinggi untuk  mendorong pustakawan  agar terus berinovasi. Apalagi saat ini dunia   berada dalam fase ketidakpastian dan menghadapi berbagai masalah yang kompleks. Istilah populer yang sering digunakan untuk menggambarkan situasi ini adalah VUCA, yang memiliki makna Volality (kecepatan perubahan), Uncertainty (ketidakpastian), Complexity (kompleksitas), dan Ambiguity (ketidakjelasan akan realitas).

Konsep VUCA juga bisa digunakan untuk menggambarkan kondisi umum bidang perpustakaan sekarang ini. Sehingga  kunci adaptasi perpustakaan terhadap ekosistem VUCA ada di tangan pustakawan dan tenaga perpustakaan.

 “Pustakawan harus memiliki kemampuan untuk terus menerus belajar, beradaptasi terhadap ketidakpastian melalui inovasi, berpikir secara strategis, dan mendorong eksekusi strategi tersebut,” kata Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI Woro Titi Haryanti dalam diskusi mengenai pentingnya layanan perpustakaan mengikuti ekosistem VOCA dilaksanakan dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Tren Perubahan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Menghadapi Ekosistem VUCA”, di Jakarta, Kamis (10/12).

BERITA REKOMENDASI