FMIPA Unimus Gelar Workshop Lesson Study

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRjogja.com – Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bekerja sama dengan Majelis Dikdasmen PW Muhammadiyah Jateng menyelenggarakan Workshop Lesson study for Learning Community secara onlne Jumat- sabtu (30-31/7).

Workshop yang diikuti sekolah Muhammadiyah se Jateng ini menampilkan 3 pembicara yaitu Dr Eny Winaryati MPd (dosen Kimia FMIPA Unimus yang juga dekan FMIPA Unimus), Dr Iwan Junaedi MPd (dosen Unnes) dan Sumar Hendayana PhD (Presiden Asosiasi Lesson Study Indonesia/ALSI).

Dr Iwan Junaedi dan Dr Eny Winaryati menyampaikan lesson study merupakan upaya yang diperlukan bagi para guru yang ingin memperbaiki diri dalam pemenuhan hak belajar siswa lewat kolaborasi. Lesson study merupakan model kerja yang intinya kolaborasi bukan model pembelajaran.

“Kata kunci Lesson study harus ada kolaborasi, belajar, kolaborasi, kolegial, komunitas belajar, dan tujuan jangka panjang. Serta misi learning commmunity di antaranya menjamin hak belajar tanpa kecuali, peningkatan kualitas pembeljaran, capaian simultan antara kualitas dan kesetaraan, serta penyiapan masyarakat yang demokratis” ujar Eny.

Menurut Dr Eny W, arah pertanyaan guru pada Lesson study selalu mengarah ke siswa. Apa saja yang diharapkan siswa untuk hidup mereka di masa depan, bukan apa yang guru sampaikan untuk siswa. Guru melakukan observasi, planning, pelaksanaan dan lain sebagainya untuk tujuan hidup masa depan siswa. seraya memenuhi apa yang dibutuhkan siswa. (sgi)

BERITA REKOMENDASI