FPRB Bagikan Ribuan Masker Bagi Wisatawan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Ribuan masker dibagikan kepada pengunjung Pantai Parangtritis Kretek Bantul, Sabtu (31/10/2020). Selain membagikan masker Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Bantul juga menyerahkan hand sanitizer.

Ribuan masker dibagikan kepada wisatawan untuk mencegah penularan Covid-19. Dalam program tersebut juga dihadiri Kapolsek Kretek Kompol S Parmin, Danposal Samas Serma MES Surawal, Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Sat Pol PP Kabupaten Bantul M Agung Kurniawan, Kamandan Koramil Kretek, Kapten Cba Mardiyono.

Ketua FPRB Kabupaten Bantul, Waljito SH mengatakan, pembagian masker di Parangtritis mengingat objek tersebut dikunjungi ribuan wisatawan dari berbagai daerah. “Oleh karena itu kita sebagai relawan kebencanaan juga bertanggung jawab pula mengatasi penyebaran Covid 19,” jelas Waljito.

Menurutnya, Covid-19, merupakan bencana non alam, oleh karena itu ini gerakan kampanye 3 M dengan membagikan masker 2000, handsanitizer kepada pengunjung di Parangtritis. Harapannya kegiatan tersebut bisa mencegah dan mengurangi penyebaran Covid- 19 ketika wisatawan memenuhi Parangtritis.

Sebagai objek merupakan wisata unggulan di Bantul tentu dipadati wisata dari luar daerah. Oleh karena itu, masyarakat ditempat wisata diberikan masker dan edukasi.

Sebanyak 100 personel FPRB bersama, Satpol PP, kepolisian, TNI AD, AL dan SAR berpartisipasi langsung. Selain itu, personel FPRB yang tersebar di 75 desa di Kabupaten Bantul bertekad untuk memerangi penyebaran Covid-19.

“Selain memberikan masker kita juga menghimbau wisatawan dan masyarakat tetal melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Selain fokus dalam memerangi Covid-19, Waljito juga mengimbau masyarakat mewaspadai cuaca ekstrim. “Kami sudah menginstruksikan kepada seluruh anggota FPRB Kabupaten Bantul, sukarelawan di Bantul siaga menghadapi dampak cuaca ekstrim,” ujar Waljito. (Roy)

BERITA REKOMENDASI