Geopark Run Series Siap Digelar

JAKARTA, KRJOGJA.com – Di tengah lesunya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia akibat adanya Virus Corona ( Covid 19) , Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menggelar Geopark Run Series (GRS) 2020. Kali ini event wisata minat khusus yakni sport tourims akan berlangsung di empat lokasi destinasi wisata geopark kelas dunia yakni di Belitong, Ciletuh, Krakatau, serta Minang.

Kegiatan berlangsung secara berseri dimulai dari Tanjung Kelayang, di Belitong (18-19 April 2020), Ciletuh (27-28 Jum 2020), Krakatau ( Agustus 2020), dan Minang (28-29 November 2020.“Geopark Run Series 2020 sebagai event sport tourism sangat efektif untuk mempromosikan Indonesia sebagai destinasi geopark kelas dunia,” ujar Deputi Bidang Produk Wlsata dan PenyeIenggara Kegiatan (Events) Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizki Handayani di Jakarta, Kamis (27/2).

Lebih lanjut Rizki Handayani mengatakan, penyelenggaraan GRS 2020 yang melanjutkan kesuksesan lomba lari Minang Geopark Run (MGR) pada 2018 dan 2019 mempunyai media value atau media branding yang tinggi karena dipromosikan oleh media nasional dan intemasional. Peluang Indonesia untuk menarik wisatawan minat khusus geopark dari seluruh dunia sangat besar karena kita memiliki lebih dari 30 geopark dengan kekhasan alamnya masing-masing sebagai daya tarik. Termasuk empat geopark yakni; Gunung Batur (Bali), Pegunungan Sewu (Yogyakarta), Ciletuh Palabuhan Ratu (Jawa Barat) dan Gunung Rinjani (NTB) yang sudah masuk dalam Globe! Geopark Network atau UNESCO Global Geopark (UGG).

Rangkaian kegiatan GRS 2020 antara lain field trip, ultra run 60K. celebration run 5K, 10K, 21K charity program, dan diakhiri dengan pesta rakyat yakni mengajak masyarakat terlibat dan akan dan menikmati hiburan kesenian dan kuliner khas daerah setempat.

“Selain itu event GRS 2020 memberikan dampak langsung berupa awareness yakni terpromosikannya kawasan wisata sekitar geopark serta mendorong peningkatan perekonomian masyarakat,” tegasnya. (Lmg)

BERITA TERKAIT