Gibran Antarkan Bantuan Konsentrator Oksigen ke Karanganyar

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengantarkan 93 unit konsentrator oksigen ke Kabupaten Karanganyar, Senin (16/08/2021). Bantuan itu diharapkan mengurangi beban RS dalam penyediaan alat kesehatan.

“Ada 93 konsentrator oksigen. Yang 7 sebelumnya sudah terlebih dulu didistribusi ke RS. Memang kasus aktif harian di Karanganyar turu terus. Namun persediaan oksigen tetap harus standby,” kata Gibran kepada wartawan usai penyerahan secara simbolis di halaman kantor bupati Karanganyar.

Kedatangannya disambut Bupati Juliyatmono, Wabup Rober Christanto dan pimpinan forkopimda lainnya. Gibran mengatakan bantuan itu merupakan amanah dari sahabatnya asal Singapura. Tujuannya membantu penanganan Covid-19 di wilayah Solo maupun daerah penyangga.

Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu kabupaten di area sasaran bantuan konsentrator oksigen itu. Lebih lanjut dikatakannya, penanganan Covid-19 tak boleh secara parsial. Soloraya atau eks Karisidenan Surakarta yang terdiri satu kota dan lima kabupaten memiliki ikatan tak bisa dipisahkan. Daerah-daerahnya dihubungkan jalur darat serta mobilitas penduduknya cukup tinggi.

Penanganan secara simultan dan bersama-sama penting untuk mencegah terjadi gelombang wabah berikutnya. “Menghadapi gelombang berikutnya. Semoga tidak terjadi,” katanya.

Secara pribadi, putra sulung Presiden Jokowi ini mengapresiasi upaya Pemkab Karanganyar dalam menangani wabah tersebut. Hal itu dibuktikan angka kasus aktif harian semakin berkurang. Ia menyarankan langkah selanjutnya pada pemulihan ekonomi dan membangkitkan UMKM.

Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono mengaku terkesan kedatangan Gibran di Karanganyar. Bahkan ia menyebutnya patut dijadikan momentum bersejarah.

“Seiring HUT kemerdekaan RI ke-76 mendapat bantuan ini. Ini bukan hanya surprise, tapi juga menumbuhkan kepercayaan diri menghadapi pemulihan ekonomi,” katanya.

Nantinya, Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar akan menata bantuan itu sebelum diberikan ke RS. Ia juga meminta dukungan semua kepala daerah di wilayah Soloraya agar saling mensuport, terutama perihal vaksinasi Covid-19.

“Supaya Soloraya bangkit. Daerah-daerah penyangga juga harus tercukupi vaksinnya. Memang saat ini kurang lancar distribusinya. Namun pada saatnya nanti vaksinasi dipercepat,” katanya mengimbangu ucapan Gibran perihal distribusi vaksin bakal mulai lancar pada pekan keempat Agustus. (Lim)

BERITA REKOMENDASI