Halim-Joko Penuhi Janji, Salurkan Rp 50 Juta Per Padukuhan

BANTUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Bantul tahun 2021 segera merealisasi Program Pemberdayaan Berbasis Masyarakat Padukuhan (PPBMP), yakni pemberian bantuan kepada masing-masing padukuhan di Kabupaten Bantul sebesar Rp 50 juta setiap tahun melalui Kalurahan. Program PPBMP ini merupakan realisasi janji pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo kepada rakyat Bantul saat Pemilihan Bupati (Pilbup) 2020.

Menurut Bupati Bantul ketika melakukan sosialisasi PPBMP kepada semua Lurah di Bantul, Jumat (5/3), PPBMP ini dimaksudkan untuk mengotimalkan peran dan fungsi masyarakat dalam mewujudkan partisipatif dan pemberdayaan masyarakat untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan dan pemerataan hasil pembangunan.

Tujuannya agar terwujudnya percepatan visi dan misi pemerintah daerah. Menumbuhkembangkan prakarsa dan partisipasi masyarakat, untuk mewujudkan SDM unggul, peningkatan perekonomian , penurunkan angka kemiskinan dan pengelolaan lingkungan hidup. Tumbuhnya ide kreatif dan inovatif pendayagunaan potensi dan sumberdaya setempat. Serta revitalisasi budaya gotong-royong dan swadaya masyarakat.

“Dengan PPBMP ini akan mencapai pemerataan dana dan pembangunan di tingkat pedukuhan atau Kalurahan se Kabupaten Bantul. Selama ini Kalurahan yang rajin mengajukan proposal bisa mendapat dana pembangunan lebih besar dibanding kalurahan yang tidak rajin mengajukan proposal, sehingga terjadi ketimpangan. “Maka dengan program PPBMP ini penyebaran dana pembangunan ke padukuhan bisa merata dengan nilai yang sama Rp 50 juta,” jelas Bupati Bantul.

BERITA REKOMENDASI