Hujan Tiga Hari, Puluhan Rumah di Wironatan Tergenang

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Purworejo selama tiga hari berturut-turut menyebabkan banjir di Dusun Gebangrejo Desa Wironatan Kecamatan Butuh, Sabtu (12/12) dini hari. Air menggenangi kurang lebih 25 rumah di dusun tersebut dengan kedalaman 50 – 100 sentimeter.

Banjir terjadi akibat air hujan yang ditampung drainase di dusun itu, tidak bisa mengalir ke Sungai Gebang. “Air dalam saluran tidak bisa mengalir karena elevasi Sungai Gebang lebih tinggi. Akibatnya air menggenangi lingkungan di sekitar saluran,” kata Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo Iman Tjiptadi mewakili Kepala BPBD Sutrisno, kepada KRJOGJA.com, Minggu (13/12).

Sebanyak 230 jiwa di Gebangrejo terdampak genangan itu. Kedalaman air di dalam rumah mereka mencapai 50 sentimeter, sementara di halaman bisa satu meter.

Meski demikian, pengungsian dilakukan secara terbatas. Petugas BPBD, TNI/Polri, dan relawan mengevakuasi warga ke rumah tetangganya yang lebih tinggi dan tidak terendam. Warga hanya mengungsikan ternak mereka ke tanggul Sungai Pepe di timur dusun yang tidak tergenang air.(Jas)

BERITA REKOMENDASI