INACA Terus Berkontribusi Memajukan Industri Penerbangan Tanah Air

Denon menambahkan, pihaknya juga mengusulkan keringanan pembayaran bunga, angsuran perbankan dan keringanan pajak. Lalu ada usulan pembebasan lartas dan kemudahan/percepatan proses custome clearance melalui post-border policy.

Dalam menghadapi masa Covid 19 ini pihaknya mengajukan Insentif avtur dan biaya bandara, serta penangguhan biaya bandara sehingga maskapai dapat tetap beroperasi.

“Kami juga melakukan pembahasan dengan Ditjen Hubud dan stakeholders tentang kebijakan pembatasan penerbangan pada masa PSBB dan tarif penerbangan selama PSBB. Lalu memberikan masukan kepada pemerintah terkait PM 25/2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pembahasan dengan Direktorat Angkutan Udara tentang tingkat isian pesawat,” kata Denon.

Sekretaris Jenderal INACA, Bayu Sutanto mengatakan, sebagai upaya mendorong masyarakat melakukan perjalanan kembali mengunakan transportasi udara, pihaknya kerjasama dengan para maskapai, pengelola bandara dan AirNav melakukan Safe Travel Campaign. Dalam kegiatan ini pihaknya mengkampanyekan aman bepergian dengan menggunakan transportasi udara yang dilakukan bersama seluruh maskapai anggota asosiasi di beberapa kota seperti Bali, Medan, dan Yogyakarta.

“Dalam kampaye tersebut, kami memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa di dalam pesawat ada satu sistem yang kita kenal dengan HEPA, yaitu di mana sistem sirkulasi di dalam pesawat ini diganti setiap 2 menit sekali,” kata Bayu.

Dikatakan Bayu, dari data yang ada kegiatan ini sangat efektif mendorong masyarakat melakukan perjalanan kembali dengan pesawat. Data dari PT Angkasa Pura (AP) II sepanjang Oktober 2020 cukup bergairah di tengah pandemi Covid-19.

Pada 1 – 31 Oktober, jumlah penumpang di 19 bandara yang dikelola AP II mencapai 2,14 juta orang atau melonjak sekitar 19% dibandingkan dengan 1 – 30 September sebanyak 1,79 juta orang.

Hal yang serupa terjadi pada trafik penerbangan di 15 bandara PT. Angkasa Pura (AP) I pada Oktober 2020 mengalami pertumbuhan cukup signifikan. Trafik penumpang mengalami pertumbuhan 16,9 persen dari 1.853.378 penumpang pada September menjadi 2.168.075 penumpang pada Oktober lalu. (Imd)

BERITA REKOMENDASI