Indonesia Siap Jadi Jembatan Perdamaian Rusia – Ukraina

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis (30/06/2022).

“Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow,” kata Presiden Jokowi saat menyampaikan keterangan pers bersama dengan Presiden Putin.

Jokowi menambahkan, meski situasi saat ini masih sangat sulit, namun dirinya menegaskan penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus dibuka.

“Saya telah sampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut,” ucap Presiden Jokowi.

Diketahui sebelumya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia, Kamis 30 Juni 2022 sekitar pukul 06.30 waktu setempat.

Jokowi dan rombongan tiba di stasiun usai menempuh perjalanan dengan Kereta Luar Biasa (KLB) selama 11 jam dari Ukraina. Di sana Jokowi pun sudah berkomunikasi langsung dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Okz)

BERITA REKOMENDASI