IPBI DIY Ingin Sleman jadi Sentra Tanaman Hias dan Bunga

SLEMAN, KRJOGJA.com – Memiliki dataran tinggi, Kabupaten Sleman punya potensi besar dalam budidaya tanaman hias dan bunga potong. Terlebih industri bunga, selama pandemi Covid-19 ini hanya terpengaruh sedikit. Sehingga kegiatan merangkai bunga diharapkan tidak hanya menjadi hobi tapi juga bisa dikomersilkan.

Ketua Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) DPD DIY Hervia Latuconsina Budi berharap Kabupaten Sleman bisa menjadi sentra bunga nomor 1 di DIY. Karena Kabupaten Sleman sangat potensial dalam hal pertanian, bunga dan tanaman hias. Apalagi dengan adanya dataran tinggi khususnya di lereng Gunung Merapi. Selain sudah memiliki tempat nursery atau kebun bibit, Sleman juga memiliki produksi vas bunga. “Sleman bisa menjadi sentra bunga. Sleman ini kan dekat dengan nursery tapi tidak ada pasar bunga. Orang bisa datang kesini untuk transaksi,” kata Hervia dalam acara pelantikan pengurus IPBI DPC Sleman di Dinas Pertanian, Kamis (15/10).

Menurut Hervia, ia sudah membuktikan dengan membudidayakan bibit bunga dari negara di rumahnya yang berada di Lereng Merapi. Hasilnya bibit bunga dari Belanda, Turki dan Yordania tersebut tetap bisa tumbuh dengan kondisi cuaca yang ada di Sleman. “Semua orang bisa memulai menanam tanaman hias dengan memanfaatkan lahan yang ada. Apalagi saat pandemi ini harga tanaman hias juga gila-gilaan,” tandas Hervia.

BERITA REKOMENDASI