IPBI DIY Ingin Sleman jadi Sentra Tanaman Hias dan Bunga

Ketua IPBI DPC Sleman Lucia Bayu menerangkan, merangkai bunga tidak hanya hobi tetapi bisa dikembangkan sebagai aktivitas bisnis yang memiliki nilai komersial. Dengan keberadaan IPBI DPC Sleman ini bisa meningkatkan kemampuan dan kompetensi para anggotanya. “IPBI DPC Sleman anggotanya sekitar 50an orang. Ada yang hanya sekedar hobi tapi juga ada yang bisnis. Biasanya kami merangkai bunga untuk kepentingan pernikahan, hiasan di hotel, gereja dan katering,” imbuh Lucia.

Lucia mengaku saat pandemi ini, industri bunga juga terdampak tapi tidak terlalu signifikan. Kebutuhan terhadap bunga tetap banyak dan stabil. Adanya IPBI DPC Sleman juga bisa turut membangun Kabupaten Sleman melalui dunia tanaman hias dan bunga potong. “Kami harap dinas terkait bisa mendukung terwujudnya adanya sentra bisnis dan pelatihan, pembinaan hingha tempat display hasil karya para anggota IPBI,” kata Lucia.

Kepala Bidang Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian Sleman Liem Astuti menerangkan, Slemannpunya potensi besar baik bunga atau tanaman hias. Mulai dari bunga Krisan, Palem, Dendro, Anggrek dan lain sebagainya. Liem berharap bisa bekerjasama dengan IPBI DPC Sleman agar bisa mendatangkan manfaat bagi kedua belah pihak. (Aha)

BERITA REKOMENDASI