Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Gunungkidul Anjlok

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Kabupaten Gunungkidul mengalami penurunan drastis. Merebaknya virus korona di sejumlah negara dituding menjadi penyebab turunnya jumlah wisman yang dating ke Gunungkidul.

Data Dinas Pariwisata angka menunjukkan penurunan jumlah wisatawan manca negara mencapai 60 – 70 persen terutama yang berkunjung ke objek wisata pantai selatan. Seperti terjadi di Pantai Timang, Purwodadi, Tepus jumlah wisatawan dalam 3 bulan terakhir ini hanya mencapai 80 orang per hari dari sebelumnya rata-rata mencapai 200 orang.

“Menurunnya jumlah wisatawan menimbulkan dampak ekonomi yan cukup serius bagi para pelaku wisata tersebut,” keluh Petugas Penjaga Retribusi Pantai Timang, Henry.

Kunjungan wisman di Pantai Timang tersebut sebagian besar merupakan wisatawan datang dari Malaysia dan Singapura. Selain kedua negara itu, masih ada sejumlah wisatawan dari negara-negara lainnya yang juga berdatangan ke objek wisata tersebut diantaranya China dan Korea.

Penurunan jumlah wisatawan mancanegara ini juga diakui Rujimanto salah satu pemilik restoran di Pantai Sundak. Dampak merebaknya isu virus korona penghasilannya turun.

Biasanya tiap hari rata-rata wisman yang bertamu ke restoran miliknya lebih dari 20-30 orang tetapi saat ini menurun drastis. Henry berharap pemerintah bisa mengatasi persoalan dan meyakinkan wisatawan bahwa di Gunungkidul dalam keadaan aman.

BERITA REKOMENDASI