Kaget dengan Situasi Saat Ini Mahijadedi X GNTZ Bikin “Njondil”

SUKSES dengan single kolaborasi “Pemuda Gapi”, duo hiphop asal Yogyakarta Mahijadedi X GNTZ kembali berkolaborasi dalam penggarapan single terbarunya “Njondhil”. Lagu ini bercerita tentang fenomena yang terjadi di masyarakat era 4.0 . Dari permasalahan hak cipta lagu maupun video, saling pamer kemewahan, konten prank youtube yang tidak mengindahkan etika dan moral, teori konspirasi, netizen yang maha benar dan berbagai hiruk pikuknya media sosial.

Menurut Ahonk Rahadi (personil Mahijadedi) “Njondhil” merupakan istilah Jawa yang berarti keadaan ketika kaget atau terhenyak di level 10, ini merupakan penggambaran dari sikap Mahijadedi dan GNTZ dengan kondisi saat ini.
“Ide lagu Njondhil berasal dari GNTZ yang kemudian diriset dan ditulis riliknya oleh GNTZ dan Mahijadedi,” ujar Ahonk, yang membentuk Mahijadedi bareng Ofix Okefix.

Lagu “Njondil” ini diproduksi di Jogja Audio School dan diproduseri oleh Redaksi GNTZ. Sedangkan untuk musiknya digarap GNTZ sendiri. “Proses penulisan lirik sekitar dua hari, rekaman sehari, dan mixing mastering satu minggu,” tambah Ahonk.

GNTZ merupakan pelaku lama yang ikut andil dalam perkembangan musik hip hop di Indonesia dari tahun 94. Karirnya dimulai dari Group NSF, G-Tribe, Calludra, Rotra, dan sekarang masih aktif di Jogja Hiphop Foundation (JHF). Di tahun 2019 GNTZ mengeluarkan album solonya yang bertajuk GNTZ+ dan disambung album kedua ditahun 2020 yang bertajuk Acoustik Rap mBLUESuk. Sedangkan Mahijadedi merupakan grup Rap baru yang terbentuk tahun 2018 dan sudah mengeluarkan satu album yang bertajuk “Lakon Rabi Keri”. GNTZ X Mahijadedi merupakan kolaborasi lintas generasi yang bertujuan menyatukan energi untuk saling melengkapi dalam menghadapai industri musik yang semakin kompleks.

Proses pembuatan Video klip “Njondil” dikerjakan selama tiga hari di tiga lokasi yaitu di Samara Studio, Raminten Cabaret Show, dan di Dae Janggeum pada bulan Agustus 2020. Dengan melibatkan banyak talent seperti Dancer, B-Boy, Raminten Cabaret Show dan ada penampilan spesial dari Cella Kotak ( Gitaris Kotak Band ) dan Uci Farantika ( Penyanyi Dangdut ). Scriptnya ditulis oleh Ahonk Rahadi dan disutradarai oleh Ofix Okefix.

“GNTZ sendiri ingin mempunyai video klip yang digarap secara total dibanding video video klip GNTZ dan Mahijadedi sebelumnya. Setelah dirembug dan ketemu konsepnya akhirnya beberapa pihak sangat antusias untuk bergabung di video klip ini,” kata Ahonk.

Video Klip lagu “Njondil” bisa ditonton di laman Youtube Anto Gantazz dan Lagu “Njondhil” sudah bisa didengar melalui banyak platform digital.(*)