Kartini Tunjukkan Keteladanan Berliterasi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Peran perempuan dalam keluarga sangat dibutuhkan dalam mendukung proses pembangunan bangsa. Di dalam keluarga, para perempuan bisa membangun fondasi fundamental dalam pembangunan masyarakat untuk masa depan. Karenanya, eksistensi Kartini masa kini yang kuat, sangat dinanti untuk menghasilkan bangsa yang berjaya.

“Kartini menunjukkan keteladanan dalam berliterasi. Untuk membuka tabir kegelapan atas dirinya, Kartini dengan tingkat literasinya membuat buku “Habislah Gelap Terbitlah Terang”. “Mudah-mudahan acara ini betul-betul bisa menginspirasi, di mana peran Ibu sangat menentukan di dalam menentukan kualitas bangsa,” kata Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando dalam talkshow “Peran Kartini Masa Kini dalam Meningkatkan Budaya Literasi” yang berlangsung secara hybrid pada Selasa (20/4).

Kegiatan tersebut diselenggarakan Perpusnas bersama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam rangka menyambut Hari Kartini.

Dikatakan  Syarif,  literasi tidak sekedar kemampuan mengenal huruf, kata, kalimat, hubungan sebab akibat, dan menyatakan pendapat. Menurutnya, pemahaman literasi tersebut sudah tidak relevan dengan kondisi terkini.

BERITA REKOMENDASI