Kemenhub Beri Penghargaan Penyelenggara Program Tol Laut

JAKARTA.KRJOGJA.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla), memberikan penghargaan Pelayanan Angkutan Barang Tol Laut, Angkutan Kapal Ternak dan Perawatan Kapal Perintis.
Penghargaan diberikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Sumadi yang diwakili, Staf Khusus Menhub Bidang Hubungan Antar Lembaga, Buyung Lalana di Jakarta, Kamis (16/07/2020). Diantara pemenang terdapat tiga operator kapal nasional, yakni PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), PT Djakarta Lloyd dan PT Pelayaran Tempuran Emas (Temas Line. Tbk), masing-masing meraih penghargaan kategori operator kapal dengan load factor terbanyak, kategori operator kapal dengan muatan terbanyak, dan kategori operator kapal dengan performa capaian voyage terbaik.
Menhub dalam arahan yang dibacakan Buyung Lalana mengatakan, program tol laut yang diselenggarakan Kemenhub sejak tahun 2015 bertujuan untuk mengurangi disparitas harga antara daerah satu dan daerah lainnya. “Tol Laut merupakan konektifitas laut yang efektif, berupa angkutan laut yang berlayar secara rutin dan terjadwal, dari wilayah Barat sampai ke Timur Indonesia, dan sebaliknya,” ujarnya.
Menurut Menhub, program tol laut ini menjadi bukti nyata upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayaran ke daerah tertinggal, terdepan, terluar dan perbatasan (3TP), sehingga pemerintah dapat memastikan terpenuhinya logistik baik distribusi kebutuhan pokok maupun barang penting lainya secara terjadwal dan pasti.

BERITA REKOMENDASI