Kemensos Gaungkan Kesetiakawanan Sosial

MANADO, KRJOGJA.com – Kementerian Sosial (Kemensos) terus mendorong serta mengajak seluruh elemen bangsa untuk meningkatkan rasa kesetiakawanan sosial sebagai langkah utama melawan Covid-19. Rasa serta gerak empati kesetiakawanan, peduli, berbagi dan gotong royong harus selalu digaungkan di masa pandemi ini.

Menteri Sosial Ad Interim, Muhadjir Effendy mengatakan momentum Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) kali ini dimaknai dengan cara yang mendalam. Pandemi Covid yang masih terjadi, benar-benar membuat masyarakat memperlihatkan sifat khas yakni saling bergotong-royong.

“Melalui momentum peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ini dapat menggugah kesadaran kita bersama untuk menerapkan rasa kesetiakawanan sosial, peduli, berbagi, dan gotong royong dalam menanggulangi dampak Covid-19,” jelas Muhadjir Effendy melalui keterangan tertulis yang diterima KRjogja.com, Minggu (20/12/2020).

Semua elemen menurut Muhadjir selama beberapa bulan terakhir terus menunjukkan kesetiakawanan dalam mengatasi dampak covid-19. Di DIY misalnya, muncul gerakan rakyat bantu rakyat yang memberikan logistik pada sesama yang membutuhkan selama beberapa bulan, dan seluruh sumber daya berasal dari dana masyarakat.

Di sisi lain, Kemensos tak tinggal diam dengan menggandeng mitra-mitra kerja untuk bersama-sama mewujudkan kesetiakawanan sosial dalam melawan Covid. Muhadjir berharap gerakan-gerakan kesetiakawanan sosial terus muncul di berbagai daerah Indonesia agar masyarakat kuat bersama keluar dari pandemi.

Puncak Kesetiakawanan Sosial 2020 dilaksanakan di Manado Sulawesi Utara, dan tahun depan Provinsi Bangka Belitung akan menjadi tuan rumah HKSN Tahun 2021. Selain dilaksanakan secara tatap muka, acara tahun ini diikuti oleh Kepala Daerah seluruh Indonesia, seluruh Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten, pilar-pilar sosial, ASN Kemensos, serta dunia usaha melalui streaming YouTube kemensosri. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI