Kemnaker Sudah Terima Norek Pekerja Gelombang Kelima

JAKARTA, KRJOGJA.com –Data nomor rekening (Norek) pekerja calon penerima bantuan subsidi upah (BSU) untuk gelombang terakhir atau gelombang ke lima telah diserahkan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) ke Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Direktur Utama BPJAMSOSTEK Agus Susanto mengatakan, sebelumnya BPJAMSOSTEK telah menyerahkan 11,8 juta data pekerja peserta yang terbagi dalam empat gelombang. “Dan pada gelombang lima ini, kami serahkan sisa data peserta yang telah tervalidasi sebanyak 578.230 dan ditambah data susulan sebanyak 40.358 data nomor rekening peserta,” jelasnya di Jumat (2/10/2020).

Penyerahan secara berkala ini, menurutnya, dilakukan untuk mempermudah proses rekonsiliasi, monitoring dan mempertimbangkan prinsip kehati-hatian dalam pelaksanaan program BSU. Jadi, total data peserta yang lolos validasi dan sesuai dengan kriteria Permenaker berjumlah total 12.418.588 data pekerja.

Pada kesempatan ini Agus mengingatkan bahwa setiap data nomor rekening yang diserahkan telah melakukan tahapan validasi berlapis agar penerima BSU ini tepat sasaran. Tahapan berlapis yang dimaksud adalah proses validasi perbankan yaitu keaktifan nomor rekening pekerja. Kemudian validasi kesesuaian data dengan kriteria dari Kemnaker yang kemudian dilanjutkan dengan proses validasi ketunggalan data di BPJAMSOSTEK.

BERITA REKOMENDASI