Kesadaran Masih Rendah, Penertiban Masker Sasar Pedesaan

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo terus menggencarkan penertiban masker untuk mencegah penularan Covid-19 di wilayah itu. Bahkan kegiatan mulai menyasar masyarakat yang tinggal di perdesaan. Tim gabungan Satpol PP Damkar dan Dinas KUKMP Purworejo, bersama kecamatan, polsek dan koramil Pituruh merazia warga tanpa masker di Pasar Pituruh, Selasa (9/6).

Kepala Satpol PP dan Damkar Purworejo Budi Wibowo mengatakan, seluruh masyarakat wajib menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. “Penertiban bukan untuk kami, tapi demi menjaga kesehatan masyarakat, mengurangi risiko penularan virus,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com, usai penertiban.

Menurutnya, pasar kecamatan menjadi sasaran karena merupakan pusat keramaian dan kerumunan masyarakat. Terbukti ketika petugas sampai lokasi, Pasar Pituruh dalam kondisi ramai karena sedang memasuki hari pasaran.

Sebagian warga yang ditemui, beraktivitas tanpa menggunakan masker. “Kesadaran masyarakat untuk mengenakan masker masih rendah. Ada banyak yang tidak pakai masker,” ucapnya.

Dalam penertiban itu, petugas menjaring sedikitnya 300 pelanggar. Mereka diajak ke meja penindakan yang ditata di halaman Polsek Pituruh.

BERITA REKOMENDASI