Ki Seno Nugroho Wafat, Menko PMK Sampaikan Duka Cita

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kabar duka melanda dunia seni Indonesia. Dalang wayang kulit asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho, meninggal dunia kemarin malam, Selasa 3 November 2020. Ki Seno meninggal pada usia 48 tahun.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan duka cita atas wafatnya Ki Seno Nugroho.

“Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji’un. Saya mengucapkan duka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya dalang muda asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho,” ucapnya dalam keterangan tertulis pada Rabu (4/11).

Muhadjir mengungkapkan telah beberapa kali menyaksikan pertunjukan yang digelar Ki Seno Nugroho. Dia mengenang almarhum Ki Seno sebagai dalang yang hebat dan tak kalah hebatnya dengan maestro perwayangan Indonesia Ki Manteb Sudharsono.

“Saya beberapa kali telah menonton pertunjukan yang digelarnya. Almarhum adalah dalang wayang kulit yang tak kalah hebatnya dengan almarhum Ki Manteb Sudharsono,” ungkapnya.

Diketahui almarhum Ki Seno Nugroho telah menekuni dunia pedalangan sejak usia 10 tahun. Belakangan, Ki Seno aktif menayangkan pentas wayang via live streaming YouTube dan menggaet para penggemar wayang di kalangan anak-anak muda. Dengan merambah media sosial, seluruh dunia pun dapat menyaksikan secara langsung pertunjukan Ki Seno.

“Seluruh pertunjukan yang telah digelar almarhum dan ilmu yang yang telah diajarkan pada anak didik akan menjadi amalan baik. Semoga almarhum ditempatkan di tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” tutup Muhadjir.(ati)

BERITA REKOMENDASI