Kodam-Polda-Pemprop Jateng Bahas 5 Kalender Kamtibmas

MAGELANG, KRJOGJA.com – Bertempat di Hotel Atria Kota Magelang, Kamis (6/2/2020), Polda Jawa Tengah bersama dengan Kodam IV/Diponegoro dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengadakan Rapat Pimpinan (Rapim). Rapim ini diantaranya membahas kesiapan pengamanan 5 kalender kamtibnas di Jawa Tengah.

“Kalender kamtibnas yang pertama adalah kesiapan menyambut Ramadan dan lebaran 2020, kemudian Mayday, pilkada, dan kelima adalah Operasi Lilin Natal dan Tahun Baru,” kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel kepada wartawan di sela-sela kegiatan Rapim TNI Polri Daerah Jawa Tengah tahun 2020.

Sesuai dengan tema Rapim “Dilandasi profesionalitas, soliditas dan sinergitas, TNI-Polri siap mengamankan Pilkada Serentak Tahun 2020 serta mengawal pembangunan nasional dalam rangka menuju Indonesia maju”, Kapolda menekankan pada pengamanan tahapan proses pilkada dan dua agenda besar pembagunan nasional dalam kesempatan tersebut, yaitu menciptakan lapangan kerja dengan menciptakan iklim investasi yang kondusif. “Tahapan pengamanan pilkada 2020, pengamanan insya Allah Polri dibantu kawan-kawan dari TNI dan pemerintah akan siap mengamankan,” kata Kapolda.

Tidak hanya itu, kata Kapolda dengan menerjunkan 2/3 personil bersama dengan berbagai elemen, termasuk Pemerintah Provinsi Jawa tengah, kepolisian juga siap mengidentifikasi potensi kerawanan. Kemudian melakukan upaya pengelolaan dengan baik, pemberdayaan dan menyelesaikan masalah yang ditemui saat tahapan tadi. Jumlah personil yang akan diterjunkan sekitar 2/3 kekuatan kepolisian yang ada.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diantaranya mengatakan rapim yang diikuti banyak pihak, termasuk KPU dan Bawaslu maupun lainnya untuk menyiapkan Polkada Serentak Tahun 2020. Diidentivikasi seluruh potensi persoalan yang sifatnya sangat lokal. Karena itu pada rapim ini juga hadir para Komandan Kodim dan Kapolres, dan disampaikan semuanya indikasi-indikasi yang kira-kira perlu diamankan. KPU dan Bawaslu juga akan mengawal seluruh penyelenggaraannya. “Hari ini kita berkoordinasi untuk menunjukkan bahwa Jawa Tengah insya Allah siap menyelenggarakan, termasuk proses-proses sosialisasi,” kata Gubernur Jateng yang didampingi Kapolda Jateng dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochammad Effendi. (Tha)

BERITA REKOMENDASI