Lewat Macapat dan Ketoprak, Suprihatin Bangkitkan Cinta Bahasa Jawa

YOGYA KRJOGJA.com- Dalam lomba cipta Tembang Macapat 2020 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa DIY bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Suprihatin SPd menjadi salah seorang juara. Demikian pula dalam lomba atau sayembara Penulisan Naskah Cerita Ketoprak yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY menjadi salah satu pemenangnya.

“Saya ingin mengajak generasi muda untuk kembali mencintai bahasa Jawa dengan cara sederhana, yaitu memasukkan unsur bahasa Jawa yang indah dan mudah diingat. Baik lewat parikan maupun macapat dalam media sosialnya, “kata Suprihatin, Minggu (29/11/20).

Dalam lomba macapat Suprihatin yang akrab dipanggil Atin memilih pupuh pangkur dan megatruh. Alasannya dua pupuh itu relevan dengan tema lomba tentang pageblug. Ketika dewan juri menanyakan tentang motivasi mengikuti lomba menulis tembang macapat padahal ia adalah guru bahasa Indonesia, Atin menjawab karena merasa ikut bertanggung jawab atas hilangnya rasa memiliki bahasa Jawa pada generasi muda, karena tergeser hedonisme. Generasi muda lebih bangga budaya asing. Atin ingin memanfaatkan banyaknya pengikut di media sosial untuk mengampanyekan cinta bahasa Jawa.

BERITA REKOMENDASI