Lewat Program 10 Rumah Aman KSP, Kaum Milenial Perangi Covid-19

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kepekaan sosial tinggi diperlihatkan oleh kaum milenial. Kids zaman now ikut merespon potensi sebaran Covid-19 di lingkungan sekitar secara begotong royong. Menggunakan media program 10 Rumah Aman milik Kantor Staf Presiden (KSP), mereka turun tangan langsung menjadi aktivis Dasa Wisma. Aksinya dengan melakukan penyemprotan disinfektan anti Covid-19.

Apresiasi harus diberikan bagi kaum milenial RT.10/RW.03, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Tergabung bersama Remaja Karang Taruna/Ikatan Remaja Sepuluh Tiga (Iresti), sebanyak 7 anggotanya melakukan penyemprotan disinfektan, Minggu (5/4). Menggunakan peralatan lengkap dan memenuhi aspek keamanan, mereka berkeliling melakukan penyemprotan disinfektan. Mendatangi rumah sekitar 150 kepala keluarga satu per satu.

“Covid-19 menjadi isu bersama yang harus dihadapi dan ditanggulangi secara bergotong royong. Untuk itu, kami melakukan penyemprotan. Harapannya, wilayah kami tetap terbebas dari pandemi Covid-19. Selaku generasi penerus bangsa, aksi ini tentu menjadi bentuk riil kepedulian kami kepada lingkungan,” ungkap Anggota Remaja Karang Taruna/Iresti Achmad Al Hafiz, Minggu (5/4).

Untuk membunuh virus Corona, ada beberapa cairan antiseptik yang lazim digunakan. Klasifikasinya adalah polyvidone iodine, chlorhexidine, dan alkohol. Mengacu rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), cairan etanol dan klorin bisa digunakan sebagai antiseptik penyemprotan. Hanya saja, cairan itu tidak direkomendasikan untuk tubuh atau bilik sterilisasi.

Menjadi antiseptik bagi fasilitas umum dan perumahan, cairan ini memiliki sifat karsinogenik. Sifat lain bisa memicu mutasi bakteri. “Kami menggunakan cairan disinfektan yang direkomendasikan institusi resmi. Tujuannya agar aman bagi semua, tapi tetap efektif membunuh virus Corona. Cairan disinfektan ini juga menjadi hasil dari gotong royong,” jelas Hafiz lagi.

BERITA REKOMENDASI