LSI Jawa Tengah Rilis Survei Pilkada Purworejo

Berdasar hasil survei, sebanyak 38 % responden menyatakan mengenal baik bupati saat ini, 40 persen tidak mengenal, dan 21 persen menyatakan tidak tahu. Adapun soal kepuasan, sebanyak 38 persen menyatakan puas dengan kepemimpinan bupati saat ini, 28 persen tidak dan 25 persen tidak tahu.

Ada sejumlah faktor yang dinilai mampu meningkatkan elektabilitas bapaslon Kuswanto – Kusnomo, antara lain dukungan tokoh masyarakat yang terpandang dan memiliki banyak jamaah. “Selain itu faktor kesantunan dari personal bakal paslon dalam berpolitik. Apalagi masyarakat lebih pintar, jadi hal-hal kecil bisa menjadi sangat penting mengingat masyarakat sekarang sangat kritis terhadap pemerintah,” terangnya.

Adapun adanya masyarakat yang belum menentukan pilihan antara lain lantaran belum meratanya sosialisasi dari KPU di daerah, tim sukses masing-masing bapaslon belum melakukan sosialisasi secara merata, dan kurangnya minat masyarakat dalam perpolitikan. “Untuk yang terakhir disebabkan karena masyarakat lebih fokus memulihkan ekonomi di masa pandemi,” ucapnya.

Kendati demikian, survei tersebut masih sangat awal dan tetap berpotensi untuk berubah. Perubahan elektabilitas dan pemahaman politik masyarakat, lanjutnya, bakal berubah sesuai dengan kinerja bapaslon serta tim pemenangannya. “Kami berharap data survei bisa menjadi acuan dalam pengambilan strategi. Disikapi dengan mengimplementasikan strategi itu dalam sebuah program nyata yang dapat dirasakan masyarakat, tentunya untuk mendapatkan simpati dan juga suara masyarakat,” tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI