Menhub : Mobil Melintas Di Permukiman Wisata Tidak Boleh Lebih Dari 30 Km/jam

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJOGJA.com – Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi beserta jajaran Kementerian Perhubungan menghadiri acara Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2021 yang diselenggarakan sesuai Prokes ketat di area Taman Lumbini Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (6/11/2021).
Menhub, Ir Budi Karya Sumadi mengatakan, berbicara Undang-Undang ada keharusan untuk mewujudkan pelayanan lalu lintas yang aman, selamat, tertib, lancar serta sehat, terlebih lagi berada di lokasi kawasan super prioritas pariwisata seperti Borobudur salah satunya.
“Oleh karena itu ada kampanye ‘jaga laju 30 Km/jam’. Jadi mobil-mobil yang lewat di sini (daerah permukiman wisata) tidak boleh lebih dari 30 Km/jam. Artinya dengan kecepatan 30 Km/jam keselamatan akan bisa dilakukan. Dan ini berlaku bagi semuanya, baik mobil, motor, pejalan kaki, sepeda dan sebagainya,” kata, Ir. Budi Karya Sumadi.
Menurutnya, di kawasan wisata Borobudur harus ada jalan khusus untuk bersepeda dan pejalan kaki supaya tidak terjadi crossing yang membahayakan. Selain itu juga perlu adanya angkutan orang seperti yang sudah ada di Borobudur seperti VW club dan yang lainnya.
“Kita berkolaborasi dengan VW Club dengan memberikan media servis, supaya yang tadinya hobi bisa juga berpendapatan. Bagi anak muda yang belum bekerja ini kesempatan bekerja dengan hobi yang keren dan asik,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI